Selasa, 24 November 2009

Apa sih Visual Basic itu?

Recommended to Google Plus

Splash Screen


Pertanyaan itu terbersit ketika pertama kali aku membaca buku Computer Worm yang diterbitkan oleh Jasakom. Sederet pertanyaan pun timbul apakah visual basic tuh sama kayak delphi 7 (tuh pas aku masih kuliah tahun 2006). Setelah mencari software (walaupun kagak asli, maaf microsoft hehehe…) kemana-mana akhirnya ketemulah sama software Microsoft Visual Basic 6.0 dan ehm...ternyata hampir sama tetapi ada juga perbedaannya. Persamaannya yakni keduanya merupakan program development untuk membangun aplikasi dalam lingkungan Windows dan keduanya menggunakan pendekatan visual untuk merancang user interface atau biasa kita kenal GUI (Graphic User Interface).

Sedangkan perbedaannya yah jelas sekali kalo Visual Basic tuh buatan Microsoft sedangkan Delphi tuh buatan Borland (hehehe…). Tetapi tidak itu saja, dari segi ukuran file aplikasi yang dihasilkan Visual Basic mempunyai output ukuran yang lebih kecil dibandingkan ukuran file yang dihasilkan oleh Delphi karena Visual Basic mempunyai support di windows (yah yang buat aja sama Microsoftnya) yakni file msvbvm60.dll (coba cari di folder \Windows\System32\msvbvm60.dll) sehingga banyak yang berpendapat kalo Visual Basic tuh lebih labil (nggak stabil) daripada Deplhi. Walaupun ukuran Delphi lebih besar tetapi aplikasi yang dihasilkan oleh Delphi dapat berjalan stabil karena tidak tergantung oleh file msvbvm60.dll (inget kan worm-worm pada masa 2006an yang pake visual basic akan rontok kalau file msvbvm60.dll didelete hehehe…). Eits kok malah membahas perbedaan Visual Basic ma Delphi, balik ke pembahasan Visual Basic.

Pertama kali program visual basic di buka akan kelihatan seperti ini :

Pilih Project

Gambar di atas merupakan dialog pilihan terhadap jenis project yang akan dibuat, biasanya untuk proses awal memilih project Standard EXE.

Setelah memilih standard EXE lalu muncullah jendela berikut ini:

IDE

Penjelasan singkat :
  • Menu Bar : digunakan untuk memilih tugas-tugas tertentu seperti menyimpan project, membuka project dsb;
  • Main Toolbar : digunakan untuk melakukan tugas-tugas tertentu dengan cepat;
  • Project Window : merupakan gambaran semua modul yang terdapat dalam aplikasi (dapat dikelompokkan secara group maupun urut berdasarkan nama);
  • Form Designer : merupakan tempat untuk merancang user interface dari aplikasi;
  • Toolbox : berisi komponen yang digunakan untuk mengembangkan user interface;
  • Properties Window : merupakan daftar properties dari objek yang sedang terpilih;
  • Code Window : merupakan jendela yang berisikan source code yang berisi instruksi-instruksi program yang mendukung tampilan dan proses yang dilakukan;
  • Form Layout Window :jendela ini akan menunjukkan bagaimana form bersangkutan ditampilkan ketika runtime.
Untuk sementara itu dulu perkenalan dasar dari tampilan program visual basic.

Ditulis oleh paijo_jr

PEDOMAN KOMENTAR :
Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Dilarang memberi komentar yang bermuatan SARA dan SPAM. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan.

Comments
2 Comments

2 komentar :

Posting Komentar