Kamis, 17 Desember 2009

If Then Else

Recommended to Google Plus




Statement bercabang digunakan untuk melakukan suatu tindakan di dalam suatu program berdasarkan kondisi tertentu. Salah satu percabangan yang tidak asing di telinga kita adalah percabangan if then else karena pada aplikasi excel percabangan tersebut juga kita gunakan. Percabangan if then else ini digunakan untuk menjalankan satu blok perintah yang nilainya tergantung pada kondisi yang diuji. Penulisannya adalah sebagai berikut :

If kondisi then
pernyataan 1
Else
pernyataan 2
End if

Atau kita bisa menambahkan statement ElseIf, sehingga menjadi :

If kondisi 1 then
pernyataan 1
ElseIf kondisi 2 then
pernyataan 2
Else
pernyataan 3
End If

Bingung khan?!?aku aja juga bingung sob hehehe…
Nie kan aku coba jelasin yah, yang namanya percabangan khan pasti ada pilihan lebih dari satu(pernyataan), bisa A, B, C sampe seterusnya. Untuk percabangan If-Then-Else-End If ini, pertama kita mendeklarasikan satu kondisi terlebih dahulu, sesudah itu pasti ada pilihan jawabannya bisa benar ato bisa salah. Jadi percabangan If-Then-Else-End-If ini memerlukan kondisi yang tempatnya setelah perintah If, dan jawaban dari kondisi tadi jika benar maka dijawab dengan pernyataan 1 yang terletak setelah Then tapi jika salah maka pernyataan 2 tempatnya terletak setelah Else dan yang terakhir menutup perintah If dengan End If. Misal jika paijo_jr cowok maka paijo_jr ganteng tapi jika paijo_jr bukan cowok maka paijo_jr cantik(hiks…). Tuh tadi soalnya, jika soal itu diubah menjadi bahasa kayak di atas tadi maka bunyinya begini :

If paijo_jr=cowok then
paijo_jr ganteng
Else
paijo_jr cantik
End if

Hm…udah berkurang bingungnya?!?wah masih belum jelas, oke kita buat project baru saja untuk mempraktekkan percabangan if then else ini.


Pertama buat project baru, buka Microsoft Visual Basic nya lalu klik StandardEXE;
Kedua tambahkan satu buah Label, satu buah TextBox dan satu buah CommandButton kemudian atur seperti gambar dibawah ini:



Ketiga atur properties masing-masing komponen sebagai berikut:




Form
Name
frmCabang
Caption
Contoh Percabangan

Label1
Name
lblCabang
Alligment
Center
AutoSize
True
Caption
“” Dikosongi
Font
Size 12
ForeColor
Pilih Warna Biru

CommandButton
Name
cmdCabang
Caption
Test Cabang

TextBox
Name
txtCabang
Text
“” Dikosongi



Keempat, klik cmdCabang atau pindah ke Code Window lalu isikan source code di bawah ini :

Private Sub cmdCabang_Click()
If txtCabang.Text = "" Then
lblCabang.Caption = "TextBox Kagak Ada Isinya"
Else
lblCabang.Caption = "Wah Tuh Ada Isinya Boz"
End If
End Sub

Kelima, klik F5 dan klik Test Cabang lihat hasilnya ketika textbox kosong dengan ketika textbox ada hurufnya;




Penjelasan Source Code :

Private Sub cmdCabang_Click()
Maksud dari perintah diatas adalah apabila cmdCabang (CommandButton) di klik maka akan menjalankan perintah dibawahnya dan End Sub untuk mengakhiri perintah.


If txtCabang.Text = "" Then
Disini perintah percabangan dimulai, dimana pada awalnya di lihat apakah txtCabang.Text tidak ada isinya (tanda petik dua berarti kosong “”), kalau txtCabang.Text ternyata kosong maka memberi perintah kepada lblCabang.Caption untuk mengisi "TextBox Kagak Ada Isinya" , tetapi jika ternyata txtCabang.Text tersebut tidak kosong atau berisi minimal satu karakter (huruf atau angka) maka memberi perintah untuk mengisi lblCabang.Caption menjadi "Wah Tuh Ada Isinya Boz". Dan perintah If tersebut diakhiri dengan End If

Nah pasti sekarang udah agak paham ya, hehehe…gak sia-sia aku buat tutorial percabangan if then else ini.


Dapatkan Source Code nya di bawah ini atau masuk pada halaman Download
 Photobucket


Ditulis oleh paijo_jr

PEDOMAN KOMENTAR :
Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Dilarang memberi komentar yang bermuatan SARA dan SPAM. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan.

Comments
7 Comments

7 komentar :

Poskan Komentar