Sabtu, 28 November 2009

Membuat Jam

Recommended to Google Plus




Pernah dengar pepatah “waktu adalah uang”, yup pasti pernah dengar semua kan, sedangkan waktu itu sendiri bisa tahun, bulan, hari sampai jam. Nah disini kita akan membuat aplikasi sederhana yakni membuat jam (hehehe… sangat sederhana banget kan). Dalam aplikasi ini, kita akan membuat 2 jam, dimana yang pertama akan aktif di form sedangkan yang kedua yaitu jam tersebut kita tempatkan pada title bar (disamping judul).

Pertama-tama yang dibutuhkan yakni 1 buah label dan 1 buah timer (hagh..masak cuman 2 buah komponen itu saja??yup emang bener cuman 2 komponen sob).



Buka Microsoft Visual Basic 6.0 anda lalu pilih Standard EXE
Pilih Timer 1 biji dan Label 1 biji dan atur seperti berikut ini:




Ubah properties seperti berikut ini :

Form
Name
frmJam
Caption
Dikosongi


Label1
Name
lblJam
AutoSize
True
Caption
Dikosongi
Font
Silakan dipilih sendiri
ForeColor
Warna merah


Timer1
Name
tmrJam
Interval
1000


Sudah diubah propertiesnya^^, selanjutnya klik 2x komponen timer yang ada pada form designer lalu kita isikan source code berikut ini :

Private Sub tmrJam_Timer()
lblJam.Caption = Format(Date, "Short Date") & " " & Time
frmJam.Caption = "Membuat Jam " & Format(Date, "Short Date") & " " & Time
End Sub

Jalankan program dengan menekan tombol F5 pada keyboard, bisa kan^^

Langkah terakhir yakni meng compile project ini menjadi file *.exe, yakni tekan alt+f dan pilih make project1.exe

Penjelasan :

Untuk properties form dan label penjelasannya hampir sama seperti project Halo Indonesia. Sedangkan untuk komponen timer, name berarti nama timer ini diganti menjadi tmrJam, interval maksudnya interval waktu timer itu sendiri yakni 1000 yang artinya source code yang dijalankan oleh timer ini akan diulang setiap 1 detik (note : 1 detik berarti 1000 harap diingat). Komponen timer ini pada saat aplikasi dijalankan bersifat tidak terlihat sehingga jangan heran kalo timernya koq nggak kelihatan (mana timernya mana timernya???capek deh^^)

Source code pada aplikasi ini hanya dijalankan oleh timer, kalo kemaren Halo Indonesia menggunakan commandbutton sehingga membutuhkan klik dari mouse untuk menjalankan perintah.
lblJam.Caption = Format(Date, "Short Date") & " " & Time
Maksud dari source code ini bahwa label jam tadi kan kosong (gak ada isinya), lha oleh timer ini secara periodik (tergantung interval timer) caption yang kosong tadi di isi dengan perintah Format(Date, "Short Date") & " " & Time. Date artinya tanggal, bulan serta tahun hari ini dan short date maksudnya tanggal, bulan serta tahun tersebut dipendekkan/disingkat penulisannya (sekarang dicoba short date diganti dengan long date dan lihat perbedaannya). Sedangkan Time ya jelaslah waktu hari ini hehehe…^^

frmJam.Caption = "Membuat Jam " & Format(Date, "Short Date") & " " & Time
Maksud dari perintah ini hampir sama dengan perintah pada label diatas, hanya tempatnya saja di title bar nya form dengan tambahan judul form yaitu Membuat Jam. Untuk penulisan judul jam ini harus menggunakan tanda (“), kalo diawali tanda (‘) tidak akan terbaca sebagai perintah melainkan sebagai keterangan saja. Antara judul dengan jam tersebut kan tersambung sedangkan yang satu berisi masukan huruf (judul) dan yang satunya berisi perintah sehingga untuk menyambung keduanya digunakan tanda (&)

Sekian dulu yah tutorial aplikasi kali ini dan semoga bermanfaat^^

Dapatkan Source Code nya di bawah ini atau masuk pada halaman Download
 Photobucket

Note : kalo sob lupa yang mana main tool bar, yang mana form designer baca ini

Ditulis oleh paijo_jr





PEDOMAN KOMENTAR :
Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Dilarang memberi komentar yang bermuatan SARA dan SPAM. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan.

Comments
1 Comments

1 komentar :

Posting Komentar